Mengenal Asam Urat

Kita akan membahas Penyebab,cara pengobatan baik secara modern maupun kuno atau tradisional, pantangan atau hal-hal yang perlu dihindari dan anjuran, untuk orang yang mengidap penyakit amrat dan reumatik
hmm Mungkin title diatas sudah tidak menjadi hal baru lagi yang terdengar telinga para pengunjung sekalian. akan tetapi apakah kita cukup mengenalnya atau malah meremehkannya. hmmm jangan salah kawan apabila penyakit ini udah bersarang di tubuh cara mengobatinya sangatlah tidak mudah karena di hadapkan dengan banyak pantangan salah satu pantangan bagi penderita asam urat akan saya posting di bagian belakang.

ok sekarang kita berkenalan dulu denga yang namanya PENYAKIT AMRAT atau asam urat iniūüėÄ

Menurut wikipedia Asam urat (bahasa Inggris: uric acid, urate) adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214¬Ķmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494¬Ķmol/L) (1 mg/dL = 59,48 ¬Ķmol/L).Kelebihan (hiperurisemia, hyperuricemia) atau kekurangan (hipourisemia, hyporuricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.Pada manusia, asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina, sebab tiadanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin. Kadar asam urat yang berlebih dapat menimbulkan batu ginjal dan/atau pirai di persendian.
Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.
Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.
Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.
Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin.
Nah Bagaimana sampai disini mungkin anda sudah bisa mengerti apa bagaimana sifat dan cara mengatasi Asam Urat itu.
ok saya akan berikan artikel kesehatan lagi tentang Amrat iniūüėÄ

Pantangan penderita asam urat

  1.  Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  2. Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  3. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  4. Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
  5. Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  6. Bebek, angsa dan kalkun
  7. Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  8. Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  9. Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  10. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
  11. Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
  12. Makanan kaya protein dan lemak
  13. Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak
  14. Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  15. Makanan kaleng seperi kornet dan sarden
  16. Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  17. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom,
  18. susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  19. Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis
  20. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.
  21. Alkohol dan soft drink
  22. emping
  23. Kacang-kacangan
  24. Jamur, bayam matang, dan sawi
  25. Daging kambing
  26. gajih (lemak)
  27. Kerang-kerangan
  28. Bebek dan kalkun
  29. Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya
  30. Krim dan Es krim

terbayangkan bagaimana payahnya mengidap penyakit amrat ini tapi jangan kawatir ALLoh Bilang ada penyakit ada obat 

Obat Traditional Asam Urat Dan cara mengobati atau pengobatan tradisional untuk asam urat dan rematik

  1. Sirsak. Dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari
  2. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore
  3. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
  4. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat dan diminum selama 1 minggu
  5. Kentang mentah dan apeldijuice
  6. sidaguri penggunaan obat dalam dengan sidaguri ini adalah dengan cara merebus tumbuhan ini dengan beberapa gelas air sehingga menyisakan sekitar dua sampai tiga gelas kecil air rebusan. Misalkan untuk pengobatan asam urat, air rebusan ini diminum sehari dua kali satu gelas. Satu kali rebusan, bisa untuk tiga kali minum.

    Selain itu anda pun juga bisa menggunakan daun salam (Syzygium polyanthum) untuk pengobatan asam urat dan rematik ini. Meskipun tumbuhan ini terkenal sebagai bumbu dapur, anda pun harus tahu manfaat lain dari tanaman ini yaitu mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

    Untuk mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan. Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

okay ternyata cukup mudah juga mengobatinya
tapi yang paling peting dalam pengobatan adalah kontiyuinitas
berikut saya akan bagikan juga kiat-kiat mengatasi penyakit amrat dan reumatik.
Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat:
  1.  Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)
  2. ¬†Perbanyak minum air putih‚Äď terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal‚Äď untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
  3.  Makan makanan yang mengandung potasium tinggiseperti:
  4.  Sayuran dan buah-buahan
  5.  Kentang
  6.  Alpukat
  7.  Susu dan yogurt
  8.  Pisang
  9.  Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
  10.  Aktif secara seksual(Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat).
  11.  Konsumsi salah satu produk alami yang dapat menyembuhkan asam urat seperti sidaguri, habbatussauda, brotowali, teh hijau, dll.
  12. Menerapkan pola makan sehat seimbang dengan memilih karbohidrat kompleks (buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat.
  13. Kenali makanan rendah purin. Pisang, seleda, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, dan buah asam termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang sehingga tidak terlalu memengaruhi kadar asam urat dalam darah.
  14. Konsumsi makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan, seperti buah beri (bluberi, stroberi), tahu, dan minyak zaitun. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh.
  15. Mengonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sementara peterseli juga bersifat diuretik (peluruh kencing) sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi segar atau diseduh seperti teh.
  16. Minum teh dan kopi. Menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, minum 2-4 cangkir teh dapat menurunkan risiko gout pada perempuan sekitar 22 persen. Sementara minum empat cangkir kopi per hari, menurut penelitian serupa, seperti dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2010, dapat memangkas risiko terbentuknya asam urat sebanyak 50 persen lebih.
  17. Manfaatkan herbal alami. Sambiloto (Andrographis paniculata nees) bersifat diuretik dan antiinflamasi (anti-peradangan) sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mengandung zat germakron yang bersifat antiinflamasi juga. Lada hitam (Pipernigrum) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat antiinflamasi. Daun tempuyung (Sonchus arvensis)  memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim kesatin oksidase dan reaksi superoksida sehingga pembentukan asam urat bisa dihambat atau dikurangi.
  18. Banyak minum air putih. Minum delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, nanas, dan lain-lain).
  19. Olahraga teratur. Berlatihah 4-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan. Bisa memilih latihan yang gampang, seperti jalan kaki atau joging.
  20. Kurangi berat badan jika berlebihan.
  21. Hindari makanan tinggi purin, seperti ikan teri jengki, sarden, ikan hering, ragi jeroan (ginjal, hati,
  22. paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain, juga bir dan minuman beralkohol.
 harapan penulis semoga kita semua terbebas dari sakit,
dan yang sakit semoga diberi kesabaran karena apabila kita di beri sakit berarti Tuhan masih sayang kepada kita,
dan apabila tetangga kita ada yang sakit amrat dan reumatik jangan segan-segan untuk memberikan tips diatas untuk kesembuhan tetangga kita yang sedang sakit.

About CocakIjo

Hebat tidaknya seseorang bukan dilihat dari penampilan, penampilan bisa saja menipu. Orang yang bijak ialah orang yang meniru ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk. Menggunakan Ilmu seperlunya saja untuk hal bermanfaat. Bisa mengkaji rasa. Mengontrol ucapan, prilaku dan tingkah. Ngaji tatah , bisa membagi posisi kita berada. Tua Muda bukan sebagai tolak ukur, setiap orang mempunyai kemampuan dan pemahaman berbeda

Posted on 29 June 2012, in Artikel, Brainwave, Japa Mantra and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Subhanalloh,terimakasih atas tulisannya,,,ini akan sangat bermanfaat untuk saya dan juga untuk orang lain,Aaamin.

  2. Terimakasih Ki
    infony mantab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: